Selasa, 08 Februari 2011

How To Spend Time With Your Kids


Another line from someone I happened to know.
Also, bothered me. (I do get bothered often, don't I?)

It was in a conversation between moms at my kids' school. The topic was about whether TV actually good or bad for kids? Especially cable tv.
Sebagian dari ibu-ibu yang berkumpul saat itu berpendapat kalau TV ada manfaatnya untuk anak-anak. Oh, mereka sepakat bahwa sinetron lokal tidak bermutu dan melarang anak-anak untuk menontonnya. Yang mereka maksud adalah siaran TV berlangganan/TV cable, terutama Disney TV. Alasannya, acaranya bagus-bagus untuk pendidikan anak. Ada yang belajar bahasa inggris, ada yang belajar huruf, dan bahkan ada yang belajar membuat hasta karya dari acara di TV kabel tersebut. Namun satu komentar yang mengusik saya.

“Untung ada TV. Kalau ngga ada, saya bingung mau ngapain sama anak-anak di rumah”.
Saya tersentak mendengar ini. Ooo...ada ya, ibu yang ngga tau mau ngapain  kalau lagi berrsama anak-anaknya?

Lah, kalau saya...
TV memang bisa jadi pengalihan sementara. Kalau baru pulang kantor, anak-anak nonton TV saya masih bisa leyeh-leyeh dulu minum teh, ngobrol sama suami atau bbm-an. Nanti kalau TV sudah di matikan, pasti mereka akan datang menyerbu. Jadi saya memang menjadikan TV sebagai pengulur waktu supaya saya ada jeda untuk memulihkan diri sebelum “terjun” sama anak-anak.
Oke, saya memang tidak jauh lebih baik dari Ibunya teman anak saya diatas tadi. Sebelas dua belas lah. Saya ngga membela diri deh. Makanya saya terganggu dengan komentar ibu tadi karena ternyata mengingatkan saya pada kesalahan saya sendiri ;))
Jadi, solusinya adalah....waktu ayah dan bunda sudah lengkap semua di rumah, TV dan BB dimatikan, dan kita semua main sama-sama di kamar/ruang tamu. Family time.

PR selanjutnya adalah menjaga konsistensi pelaksanaan aturan ini ;))
Bismillah.

Tidak ada komentar: